Generasi zaman sekarang pasti tidak luput perhatiannya dari teknologi, apalagi gadget, mereka pasti memilikinya. Taukah ? Gadget y...

Budaya Sensor Mandiri

0 Comments


Generasi zaman sekarang pasti tidak luput perhatiannya dari teknologi, apalagi gadget, mereka pasti memilikinya. Taukah ? Gadget yang sekarang kita miliki berisi semua hal di dunia ini, memegang Gadget berarti memegang dunia. Bayangkan seberapa hal yang kita akan ketahui di dunia ini. Kita bisa mengetahui apapun yang terjadi melalui gadget dan sosial media di dalamnya.

Ada yang baik ada pula yang buruk, bermanfaat ataupun merugikan itu hal yang sering kita temui dalam dunia maya. Karenanya kita harus menyeleksi tontonan ataupun bacaan kita agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi diri kita sendiri.

Tindakan menyaring atau menyeleksi ini dapat kita mulai dari dalam keluarga itu sendiri, orang tua harus senantiasa mendampingi buah hatinya dalam memilih tontonan yang positif sehingga timbul dampak positif pula bagi dirinya, sehingga Budaya Sensor Mandiri ini dapat dikembang sejak anak anak masih kecil. 

Bagi para remaja pula, seharusnya timbul kesadaran akan pentingnya menyeleksi tontonan dan bacaan mereka di dalam dunia maya, sehingga mereka terhindar dari dampak negatif yang akan terjadi jika mereka tidak menyeleksinya.

Dengan Budaya sensor mandiri kita diajarkan menjadi penonton yang cerdas yang dapat memilah tontonan kita sendiri. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam memilih tontonan yaitu :


a.       Pilih Tontonan Yang Mendidik dan Bermanfaat

Banyak sekali media yang disampaikan ke publik, sehingga masyarakat harus memilih tontonan mana yang bermanfaat bagi dirinya maupun tontonan yang merugikan.

 
b.      Sesuaikan tontonan dengan usia kita
Bermacam macam tontonan yang hadir, mulai dari acara anak anak, remaja, hingga orang tua sekalipun telah banyak hadir. Sehingga kita diharuskan menyesuaikan usia kita dengan jenis tontonan yang ada.

 
c.       Untuk orang tua sebaiknya ikut serta dalam kegiatan menoton anak
Pengawasan orang tua untuk anak anak sangat diperlukan, karena hal tersebut bertujuan untuk membantu anak anak dalam  memilih tontonan mereka yang seharusnya. Karenanya, ikut serta mengawasi dalam kegiatan anak sebaiknya dilakukan oleh orang tua dengan begitu orang tua juga bisa memberikanm nasihat yang baik dalam tontonan tersebut.

 
d.      Jangan terlalu sering menonton televisi. Hal tersebut perlu dilakukan karena, untuk menghindari kebiasaan menonton televisi untuk anak anak.  Karena biasannya anak anak cenderung menghabiskan liburan dirumahnya.dengan menonton televisi ataupun menggunakan gadget. Sebaiknya para orang tua biasakan anak anak mereka dengan menghabiskan liburan dengan berbagi cerita ataupun pergi keluar bersama hal itu juga dapat mempererat hubungan antara anak dan orang tua.
 
e.      Buatlah jadwal kegiatan yang harus dilakukan
Pembuatan jadwal membuat kegiatan sehari hari kita jelas dan menghindari waktu yang terbuang percuma. Coba buatlah jadwal kegiatan sehari hari yang harus dilakukan, seperti jam makan, jam belajar, ataupun jam menonton televisi. Dengan begitu, terhindarlah kita dengan tontonan yang kurang baik dan bersifat negatif karena kurangnya waktu yang kita miliki untuk menonton lebih lama.


Budaya sensor mandiri, harus dilakukan bagi generasi penerus bangsa zaman ini. Dengan budaya sensor mandiri ini kita akan menjadi seseorang yang cerdas karena dapat memilah dan menyeleksi sendiri tontonan yang kita dapat di dunia. dan juga memperbanyak waktu bersama keluarga lebih baik untuk menciptakan lingkungan yang baik bagi anak anak.


You may also like

Tidak ada komentar: